Jurnal Kppu Go Id-Books Download

JURNAL kppu go id
26 Feb 2020 | 41 views | 0 downloads | 268 Pages | 1.22 MB

Share Pdf : Jurnal Kppu Go Id

Download and Preview : Jurnal Kppu Go Id


Report CopyRight/DMCA Form For : Jurnal Kppu Go Id



Transcription

KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA,REPUBLIK INDONESIA. PERSAINGAN USAHA,Edisi 3 Tahun 2010, Semua pendapat atau pandangan dalam makalah ini merupakan tanggung jawab. pribadi penulis dan bukan merupakan pandangan atau pendapat Komisi Pengawas. Persaingan Usaha KPPU Anggota Komisi ataupun Sekretariat KPPU. JURNAL PERSAINGAN USAHA,Komisi Pengawas Persaingan Usaha. ISSN 2087 0353, Hak Penerbitan 2010 KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA. REPUBLIK INDONESIA,Cetakan Pertama Juli 2010,Penanggung Jawab.
Ahmad Junaidi,Helli Nurcahyo,Penyunting Editor,Deswin Nur. Redaktur Pelaksana,Santy Evita Irianty Tobing,Retno Wiranti. Ika Sarastri,Fintri Hapsari,Yudanov Bramantyo Adi,Dessy Yusniawati. Windy E Hapsari,Devi Martfiana,Desain Layout,Gatot M Sutejo. Alamat Redaksi,Jl Ir H Juanda No 36 Jakarta Pusat 10120.
Telp 021 3507015 Faks 021 3507008,Website www kppu go id email infokom kppu go id. KETUA KPPU, DEWASA ini perekonomian global telah mampu mempengaruhi gerak roda. perekonomian bangsa Indonesia Pada kondisi perekonomian tersebut lalu lintas. perdagangan dunia telah mampu seolah olah menghapus batas batas wilayah suatu. negara Wilayah ekstrateritorial suatu negara hanya menjadi simbol batas geografis. semata Perdagangan bebas menjadikan persaingan usaha semakin meningkat. dengan bertambahnya jumlah pelaku usaha di pasar, Meningkatnya jumlah pelaku usaha di pasar tidak serta merta menjadikan mereka. semakin bersaing satu sama lain Pada kondisi tertentu persaingan dengan sengaja. dihilangkan agar mereka memperoleh profit secara maksimal Adanya kesepakatan. diantara para pelaku usaha menyebabkan mereka tidak bersaing Tindakan. koordinasi diantara mereka merupakan upaya untuk memaksimalkan profit. bersama Kolusi yang demikian sering terjadi pada struktur industri oligopoli. Industri oligopoli merupakan industri yang banyak ditemui didalam perekonomian. Indonesia Pada industri oligopoli terdapat ketergantungan diantara para pemain. di pasar dan perusahaan dominanlah yang mempunyai kekuatan cukup besar. untuk mempengaruhi harga, Terjadi pergeseran strategi bersaing pada industri oligopoli persaingan tidak hanya. bertumpu pada harga Oleh karena itu permasalahan dalam industri oligopoli. menjadi semakin kompleks praktek kolusi menjadi sering ditemukan pada industri. seperti ini Conduct perilaku pelaku usaha menjadi semakin bervariasi demi. mempertahankan penerimaan profit dan penguasaan pangsa pasar. Kompleksitas permasalahan pada industri oligopoli di Indonesia mendorong KPPU. untuk turut serta memberi kontribusi secara intensif dalam mengawasi jalannya. mekanisme pasar Pengawasan KPPU merupakan upaya untuk menciptakan. iklim dan budaya persaingan usaha yang sehat sehingga terjadi efisiensi ekonomi. Persaingan usaha sehat dapat memicu efisiensi ekonomi sehingga alokasi sumber. daya dapat lebih optimal Kondisi demikian memberi manfaat positif bagi. masyarakat melalui terciptanya harga yang terjangkau kualitas produk yang lebih. baik dengan pilihan yang semakin beragam Disisi lain efisiensi dapat mendorong. pengusaha lebih kreatif dan inovatif,Edisi 3 Tahun 2010 iii.
Kontribusi KPPU untuk mencapai efisiensi ekonomi bagi kepentingan umum. tidaklah cukup dengan melakukan pengawasan pengkajian penelitian ataupun. upaya penindakan hukum semata Tujuan tersebut dapat tercapai diawali dengan. penanaman nilai melalui upaya edukasi Upaya edukasi yang telah dilakukan KPPU. bermacam macam salah satunya adalah menerbitkan Jurnal KPPU yang dapat. diakses oleh masyarakat secara luas, Kami menyambut bahagia dengan terbitnya Jurnal Persaingan Usaha yang ke 3. Jurnal ini merupakan buah pikiran dari para staf KPPU yang didasari oleh landasan. teoritis yang kuat dan didukung dengan pengalaman dalam melakukan penelitian. dan penanganan perkara sehari hari Kami yakin karya tulis ini bersifat aplikatif. sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan terkait dengan persaingan. usaha di Indonesia,Ketua KPPU,Tresna P Soemardi,iv Jurnal Persaingan USaha. Daftar isi,iii Sambutan Ketua KPPU,1 Editorial,Daniel Agustino. 3 KARAKTERISTIK HARGA DAN PENGAWASAN KPPU,TERHADAP INDUSTRI OLIGOPOLI. Dicky Ade Alfarisi,27 METODE UNTUK MENDETEKSI KOLUSI.
Ahmad Adi Nugroho,STRATEGI BUNDLING TYING SEBAGAI UPAYA ABUSE OF. 53 DOMINANCE Studi Kasus Penerapan Strategi Tying Bundling. Oleh Microsoft,Novi Nurviani,SEKTOR INDUSTRI REAL ESTATE MENURUT PERSPEKTIF. 79 PERSAINGAN USAHA Suatu Telaah Berlandaskan Undang. Undang Nomor 5 Tahun 1999,Diana Yosefa, 101 EFISIENSI DAN PELAKSANAAN HUKUM PERSAINGAN USAHA. Tutik Yuniar,PENATAAN SIMPUL INFORMASI DALAM KEGIATAN. 121 SOSIALISASI KPPU Analisis Assymetric Information Pada Tingkat. Pemahaman Stakeholder Mengenai Hukum Persaingan di Indonesia. Arnold Sihombing,ANALISIS PUTUSAN KPPU DAN PENGADILAN NEGERI.
149 DALAM PERSEKONGKOLAN TENDER PEKERJAAN,PENGERUKAN ALUR PELAYARAN PELABUHAN BELAWAN. TAHUN 2006,Edisi 3 Tahun 2010 v,Oka Halilintarsyah. PRAKTEK PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT DALAM, 177 KEGIATAN INSTALASI JARINGAN LISTRIK DI SULAWESI. SELATAN Studi Kasus pada Surat Keputusan DPD AKLI, Sulawesi Selatan dan Surat Kesepakatan Bersama DPC AKLI. Aru Armando,197 PEDOMAN PENGHITUNGAN DENDA UNTUK,MEMENUHI KEPASTIAN HUKUM DAN RASA KEADILAN.
Manaek SM Pasaribu,ANALISIS YURIDIS UPAYA HUKUM PENINJAUAN. 215 KEMBALI TERHADAP PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG, NO 02 K KPPU 2006 Putusan Mahkamah Agung Tentang Riau. Multiyears,Wahyu Retno Dwi Sari,STRATEGI BISNIS DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERSAINGAN. 237 DAN NILAI NILAI GOOD CORPORATE GOVERNANCE, Studi Pada Kasus Penerapan Vertical Marketing System Dalam. Distribusi Semen Gresik,vi Jurnal Persaingan USaha.
Salam persaingan sehat, SEMAKIN tingginya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya nilai nilai. persaingan usaha yang sehat merupakan salah satu hasil yang diharapkan dari tugas. KPPU sebagaimana diamanatkan UU No 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek. Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Untuk itu komisi negara ini selalu. berupaya meningkatkan penyebaran informasi dan pengetahuan guna membentuk. kerangka pikir masyarakat secara utuh Jurnal hukum persaingan usaha ini merupakan. salah satu bagian dari upaya dimaksud, Dalam jurnal ini terdapat ulasan mengenai upaya pendeteksian praktek kesepakatan. dalam pengaturan harga dalam bentuk kolusi secara implisit Dalam hal ini tidaklah. mudah untuk menelusuri apakah suatu persaingan usaha dikatakan kolusi atau tidak. karena harga yang sama dari semua penjual di pasar tersebut tidak dapat dengan serta. merta disimpulkan sebagai praktek pengaturan harga Untuk itu harus dilakukan. analisis ekonomi yang mendalam terhadap kondisi ini Jurnal ini mengemukakan salah. satu metode yang dapat digunakan otoritas persaingan usaha termasuk KPPU untuk. mendeteksi perilaku dimaksud melalui Coordination Failure Diagnostics CFD cartel. audit yang bertujuan untuk mendeteksi keseimbangan yang mengindikasikan adanya. kesejahteraan yang hilang, Di samping itu jurnal ini juga membahas mengenai industri di Indonesia yang. bersifat oligopolis Tidak dapat disangkal bahwa dalam struktur industri seperti ini. karakteristik persaingan tidak hanya tertumpu pada harga saja Pergeseran strategi. bersaing ini pada perkembangannya memerlukan pemahaman lebih jauh untuk. memperkuat fungsi pengawasan melalui tingkatan hambatan masuk yang signifikan. Pada akhirnya pengembangan pemahaman persaingan dalam industri oligopoli akan. dihadapkan pada konsepsi contestable market yang perlu menjadi perhatian penting. dalam upaya mengembangkan iklim persaingan yang sehat di masa depan. Akhirnya dalam kerangka pikir transfer nilai dan pembudayaan prinsip prinsip. persaingan usaha yang sehat KPPU akan terus berupaya mempertahankan konsistensi. terbitnya Jurnal Persaingan Usaha ini secara berkala Harapan KPPU adalah. kesadaran masyarakat khususnya pelaku usaha semakin tinggi untuk bersaing secara. sehat yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan iklim ekonomi yang kondusif. guna meningkatkan kesejahteraan rakyat,Persaingan Sehat Sejahterakan Rakyat. Pemimpin Redaksi,Edisi 3 Tahun 2010 1,2 Jurnal Persaingan USaha.
Edisi 3 Tahun 2010 3, Karakteristik Harga dan Pengawasan KPPU Terhadap Industri Oligopoli. Karakteristik industri oligopoli tidak dapat disangkal lagi. menjadi suatu kenyataan bagi sebagian besar industri yang. terdapat di Indonesia Seiring dengan perkembangannya. strategi harga dari para oligopolist telah banyak mengalami. pergeseran sehingga karakteristik persaingan harga modern. tidak hanya tertumpu pada harga saja Pergeseran strategi. bersaing tersebut dalam kelanjutannya memerlukan,pemahaman mendalam bagi KPPU khususnya dalam. melaksanakan fungsi pengawasannya khususnya terhadap. industri oligopoli dengan tingkat hambatan masuk yang. signifikan Pada akhirnya pengembangan pemahaman, persaingan dalam industri oligopoli akan dihadapkan pada. konsepsi contestable market yang perlu menjadi perhatian. penting dalam upaya mengembangkan iklim persaingan. yang sehat di masa depan,4 Jurnal Persaingan USaha. Daniel Agustino,PENDAHULUAN, SISTEM ekonomi pasar secara nyata mendorong para pelaku usaha sebagai.
penggerak perekonomian untuk memproduksi barang dan jasa yang dirasakan. bermanfaat dan memberikan suatu nilai guna bagi konsumen dan masyarakat. umum Meskipun dengan keterbatasan keterbatasan sistem ekonomi pasar. terbukti cukup mampu menjadi sistem yang efektif dalam meningkatkan. kesejahteraan masyarakat dunia hal ini sudah cukup terbukti dan secara. faktual diterima diberbagai Negara dengan beberapa penyesuaian. Dalam sistem ekonomi pasar dikenal bentuk bentuk struktur pasar yang. dihadapi oleh para pelaku usaha Struktur pasar tersebut pada dasarnya. terbentuk secara alamiah berdasarkan karakteristik sifat teknis dari industri. yang bersangkutan maupun dari kronologis berkembangnya industri sampai. suatu tingkatan tertentu aspek kebijakan secara signifikan mempengaruhi. perkembangan industri Dalam tataran teoritis dikenal pasar persaingan. sempurna dimana terdapat banyak pembeli dan penjual untuk suatu barang. yang homogen sehingga tidak terdapat kemampuan dari penjual untuk. menetapkan harga diatas harga pasar yaitu harga keseimbangan yang dapat. diterima di pasar dan dijadikan dasar acuan untuk menilai kewajaran suatu. harga barang Dalam prakteknya tidak banyak produk didalam pasar yang. berjalan dengan skema persaingan sempurna terdapat distorsi yang pada. akhirnya membawa perubahan dalam pasar yang terwujud Pergeseran. pergeseran nilai terjadi ketika serangkaian faktor diantaranya faktor teknis. market failure government failure dan lainnya mengubah tatanan sistem. pasar tradisional Perubahan perubahan yang terjadi dan yang dapat diamati. saat ini merupakan sistem ekonomi pasar modern dimana terdapat kerangka. institusional perekonomian yang berupa memaksimalkan agar pasar yang. berjalan dapat mencerminkan sistem pasar konvensional atau mendekatinya. dan memaksimalkan mekanisme pasar agar berjalan sebagaimana mestinya. yaitu mendorong terciptanya perekonomian yang efisien. Dalam prakteknya bentuk persaingan yang pada umumnya dapat ditemui pada. beragam industri adalah oligopoli Definisi dari pasar persaingan oligopoli. adalah kondisi pasar dimana didominasi oleh beberapa pelaku usaha yang. memiliki skala produksi atau modal yang besar Derajat konsentrasi pasar pada. bentuk oligopoli sangatlah tinggi sebagian besar pangsa pasar dikuasai oleh. Edisi 3 Tahun 2010 5, Karakteristik Harga dan Pengawasan KPPU Terhadap Industri Oligopoli. beberapa perusahaan terbesar Pelaku usaha di dalam bentuk pasar demikian. memproduksi produk yang bermerek branded dan terdapat hambatan masuk. bagi pelaku usaha lainnya yang ingin beroperasi di pasar bersangkutan yang. sama Mengingat persaingan merek dagang maka iklan strategi harga modern. dan strategi pemasaran merupakan salah satu karakteristik persaingan yang. penting bagi pelaku usaha di dalam industri oligopoli. Strategi para pelaku usaha untuk memaksimalkan keuntungannya pada akhirnya. berujung pada harga jual untuk setiap produk yang dijualnya Harga akhir dari. setiap produk tersebut mencerminkan kemampuan dari pelaku usaha untuk. menggunakan kekuatan pasarnya untuk memaksimalkan keuntungan Agak. berbeda dengan pasar persaingan sempurna yang mengantungkan sepenuhnya. persaingan pada sisi harga perkembangan pasar oligopoli mensyaratkan terjadinya. pergeseran wilayah persaingan kepada karakteristik lainnya dari suatu produk. yang dijual di pasar Dapat dinyatakan strategi harga modern telah berkembang. tidak hanya pada pemahaman harga yang selama ini dipahami secara luas. KPPU sebagai otoritas persaingan perlu memahami lebih jauh mengenai. indikator Harga dalam pasar persaingan monopolistik mengingat dinamisnya. pekembangan strategi harga yang diterapkan oleh para pelaku usaha dalam. upayanya menguasai pasar Dalam kelanjutannya pemahaman KPPU akan. bermanfaat dalam melakukan kegiatan pengawasan yang efektif dalam upaya. melakukan penegakan hukum persaingan, Fokus dari tulisan ini tertuju pada upaya mempertajam fungsi pengawasan. KPPU sebagai lembaga pengawas persaingan dalam melakukan pengawasan. terhadap karakteristik harga pada industri oligopoli. Adapun susunan dari makalah ini adalah sebagai berikut Bab I mengenai. Pendahuluan berisi latar belakang permasalahan Bab II berisi mengenai. Pembentukan Harga di Pasar Oligopoli Bab III mengenai Oligopoli dan. Persaingan Harga bab IV mengenai Analisis Antitrust Strategi Harga Pelaku. Usaha dan bab V mengenai penutup dan rekomendasi,6 Jurnal Persaingan USaha. Daniel Agustino,PEMBENTUKAN HARGA DI PASAR,PERSAINGAN OLIGOPOLI. HARGA dalam konteks organisasi industri merupakan suatu indikasi kinerja. yang merupakan hasil dari serangkaian faktor penentu yang berasal dari. karakteristik pasar Pembentukan harga akhir dari suatu produk pada suatu. tingkatan tertentu akan mencerminkan tingkat persaingan yang terwujud. dalam suatu industri Dalam prakteknya memang tidak sepenuhnya tingkat. persaingan murni disebabkan oleh perilaku pelaku usaha didalamnya Dalam. industri yang banyak diatur oleh peraturan kebijakan menentukan model. persaingan dan karakteristik pasar yang dalam kelanjutannya mempengaruhi. perilaku pelaku usaha dalam menetapkan harga jual di pasar. Selanjutnya berdasarkan tingkat persaingan yang dihadapi di pasar semakin ketat. persaingan mendorong pelaku usaha untuk menetapkan harga jual yang semakin. kompetitif mendorong pencapaian normal profit Industri yang kompetitif berarti. bahwa kekuatan pasar yang dimiliki oleh pelaku usaha tidak cukup signifikan. untuk mendorong terciptanya harga yang premium super normal profit Industri. yang tidak kompetitif mencerminkan kondisi bahwa suatu pelaku usaha dapat. menaikkan harga jualnya tanpa disertai penurunan keuntungan peningkatan. harga yang sedikit saja memberikan net profit yang positif. Dalam kelanjutannya keseimbangan di pasar terus mengalami perubahan. seiring terjadinya perkembangan teknologi perbaikan kinerja dari masing. masing pelaku usaha dan lainnya Dapat dinyatakan bahwa roses persaingan. yang terjadi dalam suatu pasar bersifat kontinu dan akan mewujudkan. keseimbangan pasar yang berbeda untuk setiap periode waktu yang berbeda. Dalam suatu kesempatan mungkin dapat ditemui konsentrasi pasar yang tinggi. akan tetapi seiring berkembangnya penelitian akan mendorong penurunan. konsentrasi pasar demikian kondisi persaingan yang pada umumnya terjadi. dan dapat ditemui diberbagai pasar oligopoli, Proses persaingan yang terjadi dalam pasar persaingan oligopoli tentu merupakan.
keseimbangan dari reaksi masing masing pelaku usaha yang berada didalamnya. dampak strategi bersaing suatu pelaku usaha akan selalu diantisipasi oleh. pelaku usaha pesaingnya sehingga terjadi perebutan pangsa pasar yang cukup. ketat dalam kondisi persaingan yang sengit Apabila diperhatikan karakteristik. persaingan pada suatu industri akan terlihat bahwa tingkat persaingan akan.

Related Books

Automatic error analysis of machine translations

Automatic error analysis of machine translations

- post-edited translation output=reference translation original: all functions can be stopped with the red control knob , activate or deactivate . post-edited: all functions can be stopped, activated or deactivated , with the red control button . original: installation and electrical connection only by technical personnel and in accordance with valid regulations would drive through leave ...

Contents - Semantic Scholar

Contents Semantic Scholar

induced by left translation is a normal subgroup of nite index con-tained in H. If Gis nitely generated, then there are nitely many subgroups of a given index. The intersection of all subgroups with index less than or equal to any given positive integer nis a characteristic subgroup of nite index in G. Therefore S(G) contains a co nal totally ordered system of characteristic subgroups if Gis ...

AMT certification gives you the advantage you need to ...

AMT certification gives you the advantage you need to

The examination questions are so constructed that all numerical calculations may be performed by hand. In addition, scratch paper should not be necessary. Promptness Examinees are advised to be at the administration site at least 30 minutes prior to the scheduled examination time to allow for check-in. Examinees arriving late may be refused admittance by the Pearson VUE proctor. Should this ...

SAFETY MONITORING - WHO

SAFETY MONITORING WHO

4 SAFETY MONITORING OF MEDICINAL PRODUCTS 3. HOW TO START A CONSUMER REPORTING SYSTEM Before starting a consumer reporting system, it is strongly recommended to have in place a functional spontaneous reporting system for health-care professionals. There are several benefits of adding consumer reporting to an existing, functional system.

The Mostly Celtic Songbook - braccio.me

The Mostly Celtic Songbook braccio me

The chords are written in Nashville notation (well, sort of), so transposing is simple. For example, the root chord is represented as a 1, and the other chords are numbered according to their relationship to the root chord. So, in the key of C, a C chord is 1, an Am chord is 6m, an F chord is 4, a G7 is 57, and so on. Chord numbering in relative minor keys is arbitrarily based on the root of ...

Guidelines for the Management of Hypertension,Jamaica

Guidelines for the Management of Hypertension Jamaica

GUIDELINES FOR THE MANAGEMENT OF HYPERTENSION MINISTRY OF HEALTH JAMAICA February 2014 Revision Issued Date Issue Description Prepared by Checked by Approved by 7 03/14 Issued for Use Dr. Hazel Laws Dr. Camille Christian Shelton Dr. Tamu Davidson - Sadler 6 11/07 Issued for Use Dr. E. Lewis-Fuller Dr. KnoxHagley Dr. Knox Hagley

Civil Engineering E-Books - E-Book Center

Civil Engineering E Books E Book Center

Civil Engineering E-Books Civil Engineering, Water and Wastewater, Earthquake, Railways code title Original Price Our Price(?) 718-001 100 of the World's Tallest Buildings 40000 Auth:I. Zaknic 2006 Images Publishing Dist Ac $75 ISBN: 187549832X Pages: 224 961-004 101 Case Studies in Construction Management 40000 Auth:Len Holm 2019 Routledge $120 ISBN: 9780815361978 Pages: 178 787-001 10 ...

3D Modeling of Nonlinear

3D Modeling of Nonlinear

3D Modeling of Nonlinear Wave Phenomena on Shallow Water Surfaces. Scrivener Publishing 100 Cummings Center, Suite 541J Beverly, MA 01915-6106 Publishers at Scrivener Martin Scrivener (martin@scrivenerpublishing.com) Phillip Carmical (pcarmical@scrivenerpublishing.com) 3D Modeling of Nonlinear Wave Phenomena on Shallow Water Surfaces Iftikhar B. Abbasov. This edition first published 2018 by ...

Asahi Kasei North America Health & Welfare Benefits Plan

Asahi Kasei North America Health amp Welfare Benefits Plan

Asahi Kasei North America Health & Welfare Benefits Plan Plan No. 502 WRAP PLAN DOCUMENT AND SUMMARY PLAN DESCRIPTION Established: January 1, 1976

Communicable Diseases Intelligence 2019 - The Strategic ...

Communicable Diseases Intelligence 2019 The Strategic

Communicable Diseases Intelligence ISSN: 2209-6051 Online This journal is indexed by Index Medicus and Medline. Creative Commons Licence - Attribution-NonCommercial-