Bab Ii Sekilas Tentang Kehidupan Iqbal A Riwaya Hidup Iqbal-Books Download

BAB II SEKILAS TENTANG KEHIDUPAN IQBAL A Riwaya Hidup Iqbal
27 Mar 2020 | 6 views | 0 downloads | 57 Pages | 578.98 KB

Share Pdf : Bab Ii Sekilas Tentang Kehidupan Iqbal A Riwaya Hidup Iqbal

Download and Preview : Bab Ii Sekilas Tentang Kehidupan Iqbal A Riwaya Hidup Iqbal


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Sekilas Tentang Kehidupan Iqbal A Riwaya Hidup Iqbal



Transcription

mempunyai seorang guru sekaligus seorang sarjana yang menonjol yaitu Maulana. Mir Hasan4, Setelah menyelesaikan pendidikannya di Sialkot pada tahun 1895 Iqbal. melanjutkan studinya ke Lahore salah satu kota terbesar di India Kota ini merupakan. kota pertama di India yang menjadi ibu kota Dinasti Islam di India yaitu Dinasti. Ghasnawi Kemudian pada perkembangannya kota ini berubah dengan cepat menjadi. pusat kegiatan intelektual Bahasa Urdu perlahan perlahan menggantikan bahasa. Persia dan perhimpunan perhimpunan di bentuk untuk meningkatkan kegiatan. intelektual tersebut Perhimpunan perhimpunan ini dari waktu ke waktu. mengadakan pertemuan sastra dan Iqbal berkesempatan membacakan sajak sajaknya. didepan umum sekaligus memperkenalkan karyanya dalam menggubah sajak Dalam. waktu singkat ia membangun reputasinya dan menjadi masyhur dalam dunia sastra 5. Di kota inilah Iqbal melanjutkan pelajarannya tepatnya di Government. College Di sini ia belajar kebudayaan Islam kesusastraan arab dan pemikiran arab. dari seorang orientalis terkemuka Sir Thomas Arnold Yang kemudian banyak. mempengaruhinya 6 Pada pergantian abad dia berhasil meraih gelar Master dalam. Mir Hasan mengajari Iqbal tentang agama bahasa arab dan bahasa parsi Pada waktu ia. tahu bahwa Iqbal berbakat dalam menggubah sajak ia memberinya dorongan bimbingan dan. menyarankan agar sajak sajaknya di gubah dalam bahasa Urdu bukan dalam bahasa Punjab Ibid hlm. Miss Luce Claude Maitre pengantar ke pemikiran Iqbal Bandung Mizan 1985 hlm. Pengaruh Sir Thomas Arnold di samping pengaruh Mir Hasan telah memainkan peranan. yang besar dalam menentukan perkembangan dan kecenderungan intelektual Iqbal Kecintaan pada. nilai nilai timur dan penghargaannya pada disiplin barat serta hasratnya untuk mendobrak apa yang di. 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. filsafat dan mulai memberikan kuliah pada bulan mei 1899 ia di tunjuk sebagai. salah seorang asisten pengajar bahasa arab di Macleod punjab reader of arabic. University Oriental College di Lahore Tidak lama kemudian berhenti dari jabatannya. ini sejak januari 1901 hingga maret 1904 Iqbal bekerja sebagai asisten bahasa. inggris tidak tetap di Islamic College dan Government College di kota yang sama 7. Keterbatasan kehidupan akademik dan posisinya sebagai pegawai pemerintah. ternyata menimbulkan penderitaan batin bagi Iqbal Sekaligus di sadarinya telah. mencampakkan bakat bakatnya profesi akademis yang sebenarnya sesuai dengan. wataknya telah kehilangan pesona Prestasi sosial sebagai seorang profesor tidak. begitu dihargai di dalam hirarki profesi yang ada Saat itu posisi dalam pelayanan. umum dan praktek hukum menjanjikan kedudukan sosial dan ekonomi jauh lebih. baik Sementara itu mekanisme dan tatanan sosial politik kolonial Inggris sama. sekali tidak memberi kesempatan berkreasi dan mengembangkan kreatifitas bagi. komunitas India Karena itu melalui syair syairnya ia mengajak kepada seluruh. masyarakat India untuk menumbuhkan sikap patriotisme mereka tanpa dibatasi oleh. sekat sekat keagamaan 8, sebut penghalang timur dan barat Serta keinginannya untuk melihat negrinya memainkan peranan. yang merdeka dengan menegakkan perdamaian dunia bisa dikaitkan lebih banyak dari pengaruh. terdahulu dari kedua gurunya tersebut Lihat H H Bilqrami Iqbal Sekilas Tentang Hidup dan Pikiran. Pikirannya terj Djohan Effendi jakarta Bulan Bintang 1982. Ihsan Ali Fauzi dan Nurul Agustina Sisi manusiawi Iqbal Bandung Mizan 1992 hlm 27. H A Mukti Ali Alam pikiran Islam modern di India dan Pakistan Bandung Mizan 1993. 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada masa itu Iqbal juga menulis puisi bergaya tradisional tentang alam dan. cinta dalam lirik khas Urdu Tulisan tulisan yang mencerminkan pertumbuhannya. sebagai seorang muslim studinya tentang kebudayaan Islam minatnya terhadap. tasawuf keterkaitannya terhadap kebangkitan islam yang di gerakkan oleh Sayyid. Ahmad Khan dan Jamaluddin al Afgani serta komitmennya pada nasionalisme India. berdasarkan solidaritas Muslim Hindu 9, Setelah menjalani kehidupannya di Lahore selama kurang lebih sepuluh. tahun Iqbal berangkat ke eropa untuk melanjutkan studinya dan belajar di sana. selama tiga tahun Pertama tama ia prgi ke Inggris untuk belajar filsafat dan hukum di. Cambridge Di sana Iqbal berhubungan dengan salah seorang filosof neo Hegelian. Mc Taggart Yang kemudian hari banyak mempengaruhinya Pada tahun 1907 ia. pergi ke Jerman melanjutkan studinya di Heidelberg dan terakhir di Munich Dia. keluar dari Eropa dengan gelar sarjana hukum dari Inggris dan gekar Doktor dari. Jerman dengan tesisnya yang berjudul The development of metafisics in Persia 10. Fakta terpenting adalah dia menguasai pemikiran Eropa secara mendalam. sejak teologi Thomas Aquinas sampai filsafat Henri Louis bergson dan Nietzsche. Wilfred cantwell Smith sebagaimana di kutip oleh Robert lee. Hingga perjalanannya keEropa itu tidak ada yang istimewa pada iqbal kecuali. pada bakatnya Memang tidak ada pesan pesan baru di dalamnya tetapi dia. Robert D Lee Mencari Islam Autentik Dari Nalar Puitis Iqbal Hingga Nalar Kritis. Arkoun terj Ahmad Baiquni bandung Mizan 2000 hlm 69 70. Annimarie Schimmel Islam in the Indian Subcontinent Leiden E J Briil 1980 hlm. 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. sanggup menyampaikannya dengan lebih mempesona ketimbang orang lain. Akan tetapi setelah tiga tahun hidup di Inggri dan Jerman dia kembali ke. India dengan pesan pesan baru dan bertenaga Pesan pesan itu bukan hanya di. sampaikan dengan sangat fasih melainkan juga memberi sumbangan penting. bagi pemikiran muslim India sejak Sir Sayyid Ahmad Khan 11. Pernyataan yang kurang lebih senada di ungkapkan oleh Maulana Muhammad. Ali dengan kata kata sebagai berikut, keyakinan Iqbal yang mendalam bahwa islam sebagai kekuatan spritual akan. menguasai dunia di kemudian hari dan dengan nasionalimenya yang. bersahaja dan menghapuskan kesalahan kesalahan Utopianisme seperti. mateialisme ateistik di suarakan oleh Iqbal dengan ungkapan ungkapan yang. memiliki kekuatan dan pesona yang mengagumkan 12, Menjelang kembali ke Eropa Iqbal telah menulis sajak sajak yang membuka.
zaman baru seperti syikwa complain ratapan dan jawab i Syikwa answer jawaban. terhadap ratapan yang memberikan solusi terhadap perubahan yang terjadi pada. dirinya namun belum memberikan petunjuk tentang risalah yang akan di sampaikan. pada dunia13, Sekembalinya dari Eropa Iqbal mengajar di Government College Lahore Di. sini ia memberikan kuliah mengenai filsafat sastra arab dan sastra inggris Pekerjaan. Robert D Lee Op Cit hlm 70,Annimarie Schimmel Op cit hlm 224. Luce claude Maitre Op Cit hlm 16, 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. ini di jalaninya selama kurang lebih satu setengah tahun Ia kemudian mengundurkan. diri dan lebih memusatkan perhatiannya pada profesi ke advokatan tentang. pengunduran dirinya ini Ali Bakhs pembantu Iqbal menceritakan. sewaktu ia mengundurkan diri di Government College saya bertanya. kepadanya mengapa ia mengundurkan diri maka jawabnya Ali Bakhs. berdedikasi pada Inggris merupakan hal yang sulit lebih sulit lagi aku tidak. dapat menyampaikan apa yang terbesit dalam hatiku selama aku berdedikasi. pada mereka Kini aku bebas bebas dalam menyatakan apa yang hendak. kukatakan dan bebas dalam melakukan apa yang hendak kulakukan 14. Walaupun sejak saat itu ia bekerja sebagai seorang ahli hukum Iqbal lebih di. kenal sebagai seorang penyair filosof dan Nabi zaman baru Pengakuan ini datang. dari dalam negeri India maupun dari dunia luar, Hal penting lainnya yang menandai perubahan yang terjadi pada diri Iqbal. adalah ketika terbit karyanya dalam bahasa persia Asrar i Khudi secret of the self. rahasia diri dan Rumuz i Bekhudi mysteries of selflesness misteri peniadaan diri. Yang pertama terbit pada tahun 1915 dan yang kedua terbit pada tahun 1918 dalam. kedua karya inilah Iqbal untuk pertama kalinya merumuskan risalahnya Asrar i. Khudi berisi gambaran tentang tema pusat filsafat Iqbal yaitu filsafat Ego khudi. dan ajaran Iqbal tentang bagaimana membangun kepribadian yang kuat 15 Dengan. kata lain Asrar i Khudi berisi doktrin doktrin individualistik Iqbal Lima tahun. Abdul Wahhab Azzam Op Cit hlm 28,Annimarie Schimmel Op cit hlm 224.
2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. kemudian yaitu pada tahun 1920 R A Nicholson menerjemahkan Asrar i Khudi ke. dalam bahasa inggris Ia mengannggap bahwa karya Iqbal ini merupakan karya. orisinil dan memiliki kekuatan dan mengatakan bahwa Iqbal adalah seorang penyair. yang melampaui zamannya sebagaimana Iqbal menyebut dirinya sendiri Aku. adalah suara penyair masa depan 16, Rumuz i Bekhudi tidak lain merupakan kelanjutan dari Asrar i khudi. Keduanya sama sama membahas tentang khudi ego Namun jika dalam Asrar i. Khudi Iqbal berbicara tentang ego individual maka dalam Rumuz i bekhudi Iqbal. berbicara tentang ego kolektif dan millat masyarakat komonitas 17 tentang. bagaimana meningkatkan individualitas yang di tujukan kepada pembangunan. kembali semua orang dalam suatu masyarakat islam yang sejati 18. Pada tahun 1923 terbit kumpulan puisi Iqbal dalam bahasa Persia Payam i. Mashriq the message of east pesan dari timur yang di tulis sebagai jawaban atas. West Ostlicher Divan nya gothe Karya ini menunjukkan kematangan Iqbal dalam. seni sastra khususnya puisi Pada bagian pendahuluan Iqbal memberikan catatan. tentang kebangkitan gerakan Orientalis di Jerman awal abad kesembilan belas yang. mendorong Gothe menulis Divan nya yang terkenal itu Sementara pada bagian. bagian selanjutnya dapat di jumpai puisi puisi terbaik Iqbal dalam bahasa Persia. Ibid hlm 225, Parveen F Hasan the political philosophy of Iqbal Lahore Publisher Ltd 1970 hlm 19. Luce Claude Maitre Op Cit hlm 16, 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. dengan beragam tema seperti kebadian kehidupan Tuhan cinta dan akal Juga berisi. puisi puisi Iqbal yang merupakan apresiasinya terhadap pemikir pemikir eropa selain. Gothe seperti schopenhauer tolstoy Karl marx Nietzsche Hegel Bergson dan. Beberapa bulan kemudian tahun 1924 terbit karya berikutnya Bang i dara. the sound of caravan bell panggilan lonceng yang berisi kumpulan puisi dalam. bahasa Urdu yang di tulis sebelum tahun 1905 Antara 1905 1908 dan masa sesudah. tahun 1908 pendahuluan karya ini di tulis oleh Sir Abdu qadir pemilik jurnal berkala. Makhzan di mana banyak puisi puisi Iqbal pada masa awalnya yang di muat Abdul. qadir menggambarkan perkembangan puisi Iqbal dan menjelaskan sisi keindahan. pemikiran dan ekspresinya 20 Arti penting Bang i dara terletak pada fakta bahwa. dalam karya ini Iqbal mengibaratkan dirinya sebagai sebuah lonceng yang menuntun. Umat muslim menuju kepusat ke imanan dan kehidupan mereka Ka bah sebagai. simbol Relegiusitas, Setelah tersesat di taman bunga mawar persia yang mendalam 21 atau. tersesat di tengah gemerlapnya kota kota eropa modern 22. Parveen F Hasan Op Cit hlm 20, Menurut pemahaman penulis apa yang di maksudkan dengan taman mawar persia yang.
memabukkan tidak lain adalah ajaran ajaran mistisisme Persia yang melanda dunia Muslim termasuk. di anak benua India,Annimarie Schimmel Op Cit hlm 25. 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Iqbal mendapatkan gelar kebangsawanan sir dari pemerintah Inggris pada. tahun 1922 Kemudian pada tahun 1926 Iqbal memasuki kehidupan politik dan. terpilih menjadi anggota dewan legislatif Jabatan ini di pegangnya selama kurang. lebih tiga tahun Pada masa itu pula antara desember 1928 sampai januari 1929 ia. memberikan serangkaian kuliah tentang Islam di Madras Hyderabat dan Aligarh. Kuliah kuliah ini kemudian di terbitkan di Lahore pada tahun 1930 dengan judul six. lecture on the recontruction of relegius thought in islam 23. Sebelum terbit The Recontruction Of Relegius Thought In Islam pada tahun. 1927 terbit koleksi puisi Iqbal dalam bahasa Persia Zabur i Ajam persian psalm. kidung Persia Dalam karya ini Iqbal memunculkan beberapa pertanyaan filosofis. yang kemudian di jawabnya dalam kerangka pengetahuan modern Iqbal juga. berbicara tentang kreativitas dan kebebasan manusia Secara umum di akui bahwa. Zabur i Ajam merupakan kumpulan puisi terbaik Iqbal dalam bahasa Persia dan yang. paling di gemari diantara karya karyanya 24, Pada tahun 1930 Iqbal diangkat sebagai presiden liga muslim di liga muslim. dia memperingatkan bahwa India tidak akan dapat mengatasi perbedaan perbedaan. Luce Claude Maitre Op cit hlm 17 Pada tahun 1974 ketika mengamati karya karya. kesarjanaan muslim Menurutnya kita tidak akan mendapatkan analisis yang sistematis mengenai. berbagai arus pemikiran baru di dunia Islam Karena hampir semua buku buku yang di tulis oleh para. penulis muslim dalam bahasa Inggris dan Prancis merupakan buku buku apologetik yang di susun. untuk membela Islam dan menunjukkan kesesuaiannya dengan apa yang di yakini sebagai pemikir. mutakhir oleh para penulisnya Perkecualian yang mencolok adalah sarjana dan penyair India. Muhammadf Iqbal yang dalam enam kuliah kuliahnya the recontruction secara langsung berbicara. tentang masalah reformasi ide ide dasar dalam agama Islam sekaligus merupakan karya pertama yang. bersifat menyeluruh untuk menampilkan kembali ajaran Islam dalam pengertian imanentis modern. H A R Gibb Aliran aliran modern dalam Islam terj Machnun Hosen Jakarta rajawali Press. 1955 hlm XI,Parveen F Hasan Op Cit hlm 21, 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. yang timbul untuk menjadi bangsa tunggal yang utuh Namun dia menyerukan. kerjasama antara kelompok kelompok agama katanya mungkin kita ingin. mengakui bahwa setiap kelompok mempunyai hak untuk membangun menurut tradisi. budaya sendiri 25 Peringatan Iqbal ini kemudian dikenal sebagai rencana Pakistan. dan Iqbal diakui secara umum sebagai Bapak Pakistan Modern 26. Pada tahun 1932 terbit karya monomental Iqbal Javid Nama the book of. Eternity kitab keabadian Javid Nama adalah wujud penaklukan ruang yang di. lakukan Iqbal melalui visi imajiner puitisnya Di bawah bimbingan Maulana. Jalaluddi Rumi Iqbal sebagaimana Dante di bimbing oleh Virgil melakukan. pengembaraan mengarungi semesta melintasi planet planet dan berjumpa dengan. ruh ruh agung sepanjang sejarah dan berdiskusi mengenai persoalan kehidupan. Javid nama menunjukkan penguasaan Iqbal terhadap beragam pengetahuan kuno dan. modern yang mengagumkan dan sebagai karya sastra di sejajarkan dengan Divine. Comedynya Dante, Dan akhirnya setelah mengalami sakit yang panjang Iqbal meninggal pada 21. April 1938 hampir satu dekade setelah India mencpai kemerdekaan dan pakistan. Syed Abdu wahid Iqbal His Art And Thought Lahore Muhammad Asraf 1944 hlm 3. Mengomentari hal ini fazlur Rahman mengatakan sepanjang ajaran Iqbal telah. menunjukkan pengaruhnya dan ajaran tersebut memang telah menimbulkan pengaruh yang mendalam. dan berjangkauan jauh hingga secara spritual telah menjadi kekuatan utama di belakang terbentuknya. negara Pakistan pengaruh tersebut sebagian besar telah di pahami dalam arah yang anti Rasional. Doktrin aktivisme dan dinamisme yang dicanangkan Iqbal telah memperoleh tanggapan yang. demikian besar hingga usaha intelektual yang merupakan hasilnya telah lenyap tenggelam dalam. proses tersebut Karena itu warisan filosofis Iqbal sebagian telah diikuti bukan karena apa yang telah. dikatakannya tetapi sebagian besar karena ia telah salah dimengerti dan dimanfaatkan oleh pengikut. pengikut perancang politiknya Fazlur Rahman Islam terj Ahsin muhammad Bandung Pustaka. 1984 hlm 331 332, 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
memisahkan diri Ia di makamkan di dekat pintu masuk mesjid Badshaki di Lahore. Mendengar kematian Iqbal Rabindranath Tagore sastrawan besar India meratap. Meninggalnya Sir Mohammad Iqbal menimbulkan kekosongan dalam. kesusastraan seperti luka parah akan memerlukan waktu yang lama untuk. sembuh India yang letaknya sempit dalam dunia dapat menderita karena. kehilangan seorang penyair yang sajak sajaknya sudah demikian mencapai. nilai universal 27,B Karya Intelektual Muhammad Iqbal. Buku merupakan harta yang tak ternilai harganya karena hanya bukulah yang. dapat mempertahankan refleksi serta kepribadian pengarangnya Buku merupakan. bekal pengalaman yang tak terhingga nilainya yang senantiasa mempertahankan. curahan pemikiran dan ketentraman bagi pembacanya dimana pembaca dapat. memperoleh secara langsung dari pengarangnya Meskipun Iqbal telah meninggal. dunia namun ia tetap akan hidup bersama generasi berikutnya melalui karya. Iqbal merupakan pemikir yang sangat produktif ia menulis karya karyanya. dalam tiga bahasa yaitu persia Urdu dan Inggris Berikut ini merupakan karya. utamanya yang dapat penulis himpun,Abdul Wahhab Azzam Op Cit hlm 43. 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 1 Bahasa Persia,A Asrar i Khudi Rahasia rahasia Pribadi. Terbit di Lahore pada tahun 1915 karya pertama Iqbal yang melecitkan. namanya ke puncak kejayaan ini membahas tentang diri manusia Human Ego yang. meliputi penegasan metode metode dan tahap perkembangan serta. kesempurnaannya Di dalam Asrar i Khudi ini dikemukakan seluruh aspek kehidupan. dan corak pemikiran agama pada abad pertengahan Dalam karya ini pula Iqbal. menolak Platonisme pemikiran mistik umat Islam pada abad pertengahan Karyanya. ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Prof R A Nicholson dengan. judul The secret of the self London Macmilan 1920 Lahore ashrof 1955 148. halaman 28,B Rumuz i Bekhudi misteri peniadaan diri. Terbit di Lahore pada tahun 1918 karya ini merupakan pelengkap atau. tambahan bagi karya sebelumnya Asrar i Khudi Dalam Asrar I Khudi Iqbal. membahas masalah kepribadian individu dalam kaitannya dengan integrasi serta. perkembangannya Sementara Rumuz i Bekhudi membahas antara kaitan individu. dengan masyarakat Iqbal menyeru untuk memantapkan mendidik dan menguatkan. kepribadian sebab kepribadian atau personalitas adalah merupakan anasir yang. sangat fundamental bagi alam semesta Kepribadian tidak akan berkembang. sempurna kecuali dalam kelompok Dalam kerja kelompoklah pribadi akan lebih. Annimarie Schimmel Gabriel s wing A Study Into the Relegius Ideas of Sir Muhammad. Iqbal Leiden E J Brill 1963 hlm 389, 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
terlihat dan mencapai kesempurnaan Iqbal menunjukkan dan menggambarkan. tentang masyarakat yang ideal dasar dasarnya tujuan tujuannya cita citanya serta. cara atau sarana untuk mencapainya karya ini telah diterjemahkan kedalam bahasa. inggris dengan kata pengantar dan catatan catatan oleh Prof A J Arberri dengan. judul Mysteris of seflesness a Philophical phoem 29. C Payam i Masyriq pesan dari timur, Terbit di Lahore pada tahun 1923 Payam I Masyriq di tulis pada waktu Iqbal. mengalami kematangan atau kesuburan puisinya Buku ini di tulis sebagai hadiah. sekaligus sebagai jawaban kepada Gothe yang telah dapat memahami timur dalam. karyanya West Oestlicher Divan 1918 Prof Nicholson menulis artikel dengan judul. Iqbal s message of the east dalam majalah islamika Leipzig 1925 dia. mengungkapkan kekagumannya terhadap karya Iqbal tersebut dengan ungkapan. bahwa Diwan ini merupakan kebun sajak Dalam pendahuluannya Iqbal. mendiskusikan tentang pengaruh pemikiran dan puisi timur pada pemikiran dan. kesusastraan Jerman Inti pesannya terdapat dalam bagian pertama Tulip dari Sinai. terdiri dari 163 quatrains Pada bagian kedua renungan terdiri atas puisi puisi tentang. tema tema psikologis yang beraneka ragam dan beberapa lirik puisi Bagian ketiga. Minuman Hati yang merupakan seri atas Ghazals Pada bagian terakhir bayangan. tentang barat Iqbal menyatakan tentang macam macam subyek dari liga bangsa. Ibid hlm 390, 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. bangsa kepada Hegel dari pekerja pekerja menangis sampai pada setan setan atau. kejahatan kejahatan barat,D Zabur i Ajam, Terbit di Lahore pada tahun 1927 karya ini adalah karya terbaiknya paling. teliti makna maknanya serta paling jauh jangkaunnya Ada tiga bagian yang menarik. dalam karyanya ini Bagian pertama Iqbal menggunakan secara praktis aturan aturan. puisi Persia Bagian kedua berjudul kitab perbudakan bagian ketiga terdiri atas puisi. panjang ladang baru misteri ini di tulis dengan pola Ghulsan i Ras dari Mahmud. Shabistari yang menulis risalah ini dikenal dengan kesusastraan mistik. E Javed Namah kitab keabadian, Terbit di Lahore pada tahun 1932karya ini di tulis dalam model seperti halnya. Comedy Uluhiyah Divine Comedy Dante Penyair Italia terdiri sekitar 2000 bait 30. Karya ini terbentuk matsnawi seperti halnya Asrar I khudi dan Rumus I bekhudi. hanya bedanya untuk mendalalami javid nama ini diperlukan pengetahuan yang. mendalam tentang sejarah tasawwuf serta filsafat Isi diwan ini adalah kisah. perjalanan ke bintang bintang dan angkasa luar lainnya Dalam karya ini Iqbal. menyertai Rumi mengunjungi angkasa dan menjumpai kepribadian sejarah yang. membentangkan kebenaran Nabi kitab ini menjelaskan tentang makna hidup dan cita. mi raj Nabi Muhammad SAW kehadirat Allah SWT Kemudian setelah Iqbal. berkeliling diangkasa bersama Rumi datanglah roh zaman yaitu roh ruang dan waktu. Muhammad Iqbal Javed Namah terj Muhammad Sadikin Jakarta pustaka panji mas. 1987 hlm XIV, 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
yang membawa keduanya kealam tertinggi Setelah menjelaskan tentang langit Iqbal. memberikan pesan kepada generasi muda dalam diri anaknya javed. F Musafir perjalanan, Terbit pada tahun 1934 didalam karya yang berbentuk matsnawi ini ia. mencatat segala apa yang terbesit dalam pikiran dan hatinya pada waktu ia pergi ke. Afganistan untuk memenehi undngan Raja Nadir Syah, G Pas Che Baid Kard Aye Aqwam I sharq Apa Yang Harus Kita Perbuat O. Bangsa bangsa Timur, Terbit dilahore pada tahun 1936 Karya ini berbentuk matsnawi dan berkaitan. dengan perang yang terjadi di Ethiopia dan Liga Bangsa Bangsa Judul inilah yang. menjadi permulaan dari diwan ini kemudian dilanjutkan dengan judul pesan. matahari kebijakan musa kebijakan Fir aun tentang kesaksian bahwa tidak ada. tuhan selain Allah kemiskinan tokoh yang bebas tentang rahasia rahasia syari ah. dan pesan untuk bangsa arab, Puisi ini secara keseluruhan merupahakan hikmah rahasia yang luhur sajak. sajaknya diselubungi keindahan sehubungan dengan tangis batin Iqbal demi melihat. keadaan kaum muslimin yang berkecimpung dalam daya tariknya terhadap. kebudayaan barat bergelimang dalam kesesatan serta terbelenggu dalam kekejaman. dan permusuhan terhadap bangsa bangsa yang lemah, 2008 Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Related Books

Course Selection Package For Graduate Exchange Students

Course Selection Package For Graduate Exchange Students

Course Selection Package For Graduate Exchange Students Course Registration The Centre for International Programs will be registering you for all of your courses. You will not be able to register for your courses by yourself on WebAdvisor like our full-degree students do. You must complete the Graduate Exchange Course Selection Form (pg. 8), and a Graduate Course Waiver Request Form (pg. 9 ...

Tytu? orygina?u: Making Things Move: DIY Mechanisms for ...

Tytu orygina u Making Things Move DIY Mechanisms for

Tytu? orygina?u: Making Things Move: DIY Mechanisms for Inventors, Hobbyists, and Artists T?umaczenie: Krzysztof Sawka ISBN: 978-83-246-9857-8

Materials: How to Choose and Where to Find Them

Materials How to Choose and Where to Find Them

2 Materials: How to Choose and Where to Find Them Virtual / Making Things Move: DIY Mechanisms for Inventors, Hobbyists, and Artists / Roberts / 167-4 / Blind Folio33

STRATEGI PENETAPAN HARGA DALAM MENINGKATKAN VOLUME ...

STRATEGI PENETAPAN HARGA DALAM MENINGKATKAN VOLUME

Hasil penelitiannya adalah strategi penetapan harga dalam meningkatkan volume penjualan pada Kayla Fashion Serba 35.000 Purwokerto melalui 2 metode, yaitu strategi penetapan harga produk baru dan strategi fleksibilitas harga. Metode ini sangat efektif dalam meningkatkan volume penjualan, terlihat pada data penjualan

RESIDENTIAL PURCHASE AGREEMENT

RESIDENTIAL PURCHASE AGREEMENT

RESIDENTIAL PURCHASE AGREEMENT (Joint Escrow Instructions and Earnest Money Receipt) Date: ("Buyer"), hereby offers to purchase ("Property"), within the city or unincorporated area of , County of ,

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (SILABUS) IMPLEMENTASI DAN ...

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER SILABUS IMPLEMENTASI DAN

Mata Kuliah ini : Mata kuliah ini menjelaskan tentang bagaimanacara memahamai implementasi dan evaluasi dalam kebijakan publik, serta berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan implementasi suatu kebijakan. No. Tujuan Intruksional Khusus Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Estimasi Waktu Daftar Pustaka

Content - UWKS

Content UWKS

through social-practices that cross spaces and times in four dimensions, which are significance, authoritative (2) In the process of structuration, the determinant structure, the supporting factors are political reformation factors include old regime, bureaucratic neo-patrimonialism For agency, the supporting factors are new regent, new mayor,

UNITED STATES ENVIRONMENTAL PROTECTION AGENCY WASHINGTON ...

UNITED STATES ENVIRONMENTAL PROTECTION AGENCY WASHINGTON

united states environmental protection agency washington, dc 20460 fqpa label acceptable v.20150320 office of chemical safety and pollution prevention

Press Release Shiva Mills Limited - Credit Rating

Press Release Shiva Mills Limited Credit Rating

cotton hosiery yarn with an average count of 25s-40s and has a spinning unit with capacity of 39,072 spindles along with connected wind mills with capacity of 10.65 MW. In addition to production and sale of yarn, the company also sells knitted fabric wherein production is outsourced on job work basis. As on March 31, 2017, 90% of the shares of ...

Certified Fairyologist Course with Doreen Virtue

Certified Fairyologist Course with Doreen Virtue

Certified Fairyologist Course with Doreen Virtue ... Facebook Group where you can practice giving fairy readings, share success stories and ... The tooth fairy 22 ...