Analisis Pola Sirkulasi Arus Musim Timur Di Perairan -Books Download

ANALISIS POLA SIRKULASI ARUS MUSIM TIMUR DI PERAIRAN
12 Mar 2020 | 9 views | 0 downloads | 17 Pages | 1.19 MB

Share Pdf : Analisis Pola Sirkulasi Arus Musim Timur Di Perairan

Download and Preview : Analisis Pola Sirkulasi Arus Musim Timur Di Perairan


Report CopyRight/DMCA Form For : Analisis Pola Sirkulasi Arus Musim Timur Di Perairan



Transcription

ARTIKEL SKRIPSI, ANALISIS POLA SIRKULASI ARUS MUSIM TIMUR DI PERAIRAN MUNCAR. BANYUWANGI,Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar. Sarjana Kelautan Pada Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. Universitas Brawijaya Malang,MUH FIRDAUS,NIM 135080601111024. Mengetahui Menyetujui,Ketua Jurusan PSPK Dosen Pembimbing 1. Dr Ir Daduk Setyohadi MP Nurin Hidayati ST M Sc, NIP 19630608 198703 1 003 NIP 19781102 200502 2 001.
Tanggal Tanggal,Dosen Pembimbing 2,Wingking Era Rintaka Siwi M Si. NIP 19800331 200901 2 002, ANALISIS POLA SIRKULASI ARUS MUSIM TIMUR DI PERAIRAN MUNCAR. BANYUWANGI, Muh Firdaus Nurin Hidayati Wingking Era Rintaka Siwi. Perairan Muncar memiliki komoditas sektor perikanan dan perairan yang maju dari. sinilah timbul permasalahan yang kompleks yang terjadi di perairan tersebut Maka untuk. mengurangi serta mengantisipasi masalah tersebut perlunya untuk mengetahui pola. sirkulasi arus secara horizontal maupun vertikal di Perairan Muncar Banyuwangi pada. musim timur Penelitian ini menggunakan metode Eularian adalah pengukuran arus yang. melewati satu titik garis geografis Data primer terdiri dari Arus Horizontal dari hasil. pengukuran instrumentasi Current Meter data model arus dari INDESO data arus. vertikal tahun 2011 dan 2015 pada musim timur dari hasil pengukuran instrumentasi. ADCP tipe Nortex Aquadopp Current Profiler Pola sirkulasi arus permukaan di Perairan. Muncar Banyuwangi Pada Musim Timur memiliki kecepatan arus berkisar 0 24 0 66. m s Arah arus dominan bergerak dari tenggara menuju ke barat laut Pola sirkulasi arus. secara vertikal menjelaskan bahwa kecepatan arus dari permukaan hingga menuju. dasar perairan mengalami penurunan kecepatan arus yakni berkisar 0 01 0 76 m s. Arah arus dominan bergerak dari tenggara menuju ke barat laut tetapi pada layer paling. dasar arah arusnya bergerak antara timur laut dan barat daya Pemisahan arus dominan. di pengaruhi oleh arus pasang surut tetapi pada layer paling dasar dominan di pengaruhi. oleh arus residu, Kata Kunci Arus Horizontal Arus Vertikal INDESO ADCP. 1 Program Studi Ilmu Kelautan FPIK UB 2 FPIK UB 3 Balai Penelitian dan Observasi Laut. ANALYSIS OF CURRENT CIRCULATION PATTERNS EAST MONSOON IN. MUNCAR WATERS BANYUWANGI, Muh Firdaus Nurin Hidayati Wingking Era Rintaka Siwi.
Muncar waters have fisheries and aquatic commodities advanced from here a complex. problem that occurs in these waters Therefore to reduce and anticipate the problem. the need to know current circulation patterns horizontally or vertically in Muncar waters. Banyuwangi in the east monsoon This study use Eulerian method is measuring current. through a point of geographical line Primary data consists of horizontal current of. measurement instrumentation Current Meter a data current model of INDESO vertical. current data in 2011 and 2015 on the east monsoon of the measurement instrumentation. ADCP type Nortex Aquadopp Current Profiler Surface current circulation patterns in the. Muncar waters Banyuwangi at East Monsoon has a flow rate between 0 24 0 66 m s. While direction of currents dominant move from southeast to northwest Current. circulation pattern vertically explained that current velocity from surface down to bottom. of waters decreased flow velocity of between 0 01 0 76 m s Direction of currents. dominant move from southeast to northwest but current is moving toward base layer. between northeast and southwest Separation of currents dominant influenced by tidal. currents but on base layer dominant influenced by a residual current. Kata Kunci Horizontal Current Vertical Current INDESO ADCP. 1 Departement Of Marine Science FPIK UB 2 FPIK UB 3 Institute for Marine Research and. Observation IMRO,1 PENDAHULUAN kesetimbangan dan terjadi secara. kontinu Proses terjadinya arus di suatu,Perairan Muncar Banyuwangi yang. perairan disebabkan karena 2 faktor,berada di wilayah Selat Bali merupakan. utama yaitu faktor internal dan eksternal,salah satu daerah dengan potensi. Faktor internal ialah seperti perbedaan,perikanan terbesar di Indonesia.
densitas air laut gradien tekanan,Perairan Muncar memiliki komoditas. mendatar serta juga gesekan lapisan,sektor perikanan dan perairan yang. air Faktor eksternal ialah seperti gaya,maju dari sinilah timbul permasalahan. tarik matahari serta juga bulan yang,yang kompleks yang terjadi di perairan. dipengaruhi oleh tahanan dasar laut,tersebut Salah satu masalahnya adalah.
serta juga gaya coriolis gaya gravitasi,pencemaran sedimentasi reklamasi. gaya tektonik perbedaan tekanan,pelabuhan perencanaan bangunan. udara kondisi topografi kedalaman,pantai penentuan wilayah tambak serta. perairan serta juga angin Marpaung,pengeloan wilayah perairan lainnya. and Prayogo 2014,Maka untuk mengurangi serta,Pemahaman tentang arus di suatu.
mengantisipasi masalah tersebut,perairan bukan saja sangat penting dari. perlunya untuk mengetahui pola,sisi pengelolaan tetapi juga memiliki. sirkulasi arus secara horizontal maupun,peran yang sangat besar dipandang dari. vertikal di Perairan Muncar,sisi keamanan pemanfaatan kawasan. Banyuwangi Menurut Lanuru 2011,perairan dan jalur transportasi Bertolak.
mengatakan bahwa arus laut menjadi,dari hal tersebutlah maka penelitian ini. salah satu dinamika perairan yang,dilakukan dengan tujuan untuk. berpengaruh terhadap proses,mendeskripsikan pola pergerakan dan. oseanografi di suatu perairan Arus laut,kecepatan arus horizontal dan vertikal. adalah suatu pergerakan secara,perairan Muncar Banyuwangi pada.
horizontal maupun vertikal yang,musim timur Menurut Ismail and Aniq. membawa massa air sehingga terjadi,Taofiqurohman S 2012 mengatakan. perpindahan dari suatu tempat ke,bahwa pengetahuan tentang. tempat lain,karakteristik sirkulasi arus horizontal. Arus laut didefinisikan sebagai,maupun vertikal sangat perlu dilakukan.
pergerakan massa air laut secara,untuk kepentingan pengelolaan wilayah. horizontal maupun vertikal dari satu,lokasi ke lokasi lain untuk mencapai. 2 METODE Data yang digunakan dalam, Pada penelitian ini teknik pengukuran penelitian ini adalah primer yakni data. langsung arus permukaan dan dasar utama untuk mencapai tujuan dari. perairan menggunakan metode penelitian ini Data primer di bedakan. Eularian menurut Rampengan 2009 menjadi 2 yakni data In situ Data. mengatakan bahwa teknik pengukuran Pengukuran Langsung di lapang pada. langsung arus di perairan dipisahkan 28 s d 29 November 2016. menjadi dua kategori yaitu Metode menggunakan instrumentasi Current. Eularian dan Metode Lagrangian Meter tipe C31 OTT dan Ex situ Data. Metode Eularian adalah pengukuran yang di dapat kan dari Instasi BPOL. arus yang melewati satu titik garis Bali Untuk data in situ berupa data. geografis sedangkan Metode arus horizontal 28 s d 29 November. Lagrangian dilakukan dengan cara 2016 sedangkan data ex situ berupa. mengikuti dan mengawasi pergerakan data Arus Horizontal INDESO. benda apung Penelitian ini dilakukan November 2016 dan Juni s d Agustus. pada musim timur di Perairan Muncar 2015 dan data Arus Vertikal Juli 2011. Banyuwangi Berikut ini Gambar 1 dan Juni 2015 menggunakan. tentang peta lokasi penelitian instrumentasi ADCP Acoustic Doppler. Gambar 1 PetaCurret,LokasiProfiler tipe Nortex Aquadopp. Current Profiler Data sekunder yakni Hasil pola sirkulasi arus horizontal. pendukung pada penelitian ini Data dari model INDESO Infrastructure. Sekunder menggunakan data Angin dari Development Of Space Oceanografphy. ECMWF Juli 2011 dan Juni 2015 dan di Perairan Muncar Banyuwangi pada. data Pasang Surut diperoleh dari musim timur Berikut ini Gambar 2. instrumentasi ADCP tentang pola sirkulasi arus di Perairan. Analisa data hasil pengolahan data Muncar Banyuwangi. arus horizontal dan vertikal Pola sirkulasi arus permukaan di. menggunakan analisis stastistik dengan Perairan Muncar Banyuwangi pada. software Minitab 17 dan Microsoft Excel musim timur memiliki Kecepatan rata. Metode analisis statistik yang digunakan rata arus permukaan di Perairan Muncar. adalah Validasi RE dan MRE untuk Banyuwangi sebesar 0 24 0 66 m s. menvalidasi data arus horizontal lapang Arah arus bergerak dominan dari. dengan Model INDESO kemudian RAL tenggara menuju barat laut tetapi ada. Rancangan Acak Lengkap dan RAK sebagian bergerak kearah selatan. Rancangan Acak Kelompok untuk data menuju perairan Teluk Pangpang yang. arus vertikal mempuyai kedalaman relatif dangkal, 3 HASIL DAN PEMBAHASAN Arus yang bergerak menuju ke daratan.
3 1 Pola Sirkulasi Arus Horizontal arahnya dibelokkan menuju ke arah. Gambar 2 Pola Sirkulasi Arus Horizontal,barat daya karena adanya pelabuhan. perikanan di Perairan Muncar Matlab R2009a menunjukan perbedaan. Banyuwangi yang signifikan antara layer 1 2 dan 3 4. Mengenai kecepatan arusnya secara pada tahun 2011 Berikut ini Gambar 3. umum semakin menuju daratan tentang profil vertikal kecepatan arus. kecepatannya semakin melemah hal ini 2011,diduga karena tingkat kelandaian. topografi yang lebih dangkal Menurut,Hutabarat and Evans 1985. menjelaskan bahwa secara umum,gerakan arus permukaan laut terutama. disebabkan oleh adanya angin yang,bertiup di atas permukaan air Terdapat.
beberapa faktor yang mempengaruhi, arus permukaan laut antara lain bentuk Gambar 3 Profil Vertikal Kecepatan. topografi dasar laut teluk selat serta,Hasil grafik profil kecepatan arus. pulau pulau yang di sekitarnya gaya,pada Juli 2011 tersebut dapat di. Coriolis arus ekman perbedaan,jelaskan bahwa dari layer 1 4 terjadi. tekanan air arus musiman kelandaian,penurunan kecepatan arus yang.
serta perbedaan densitas upwelling dan,signifikan hal ini dipengaruhi oleh. adanya hembusan angin di permukaan,Hasil validasi data arus lapang dan. yang lebih tinggi dimana angin yang,model INDESO menghasilkan nilai. masuk kedalam perairan seiring,Mean Relative Error MRE sebesar. bertambah kedalaman kecepatannya,3 93 Sugiyono 2011 dalam.
semakin menurun Hal sesuai dengan,Leksono et al 2013 menyatakan. hasil penelitian Wardheni et al 2014,bahwa verifikasi model yang masih. yang menyatakan bahwa kecepatan,dapat diterima adalah jika rata rata. arus pada kolom air permukaan memiliki,kesalahan relatif yang berada pada. kecepatan yang paling besar,batas 40 Maka dari hasil tersebut.
sedangkan kecepatan arus pada kolom,dapat disimpulkan bahwa hasil model. air dasar memiliki kecepatan paling,INDESO pada musim timur akurat. kecil Semakin dalam suatu kolom air,3 2 Profil Vertikal Kecepatan Arus. makin kecepatan arus akan semakin,Hasil pengolahan data profil vertikal. berkurang Hal ini disebabkan oleh,kecepatan arus menggunakan software.
adanya gaya gesek dasar perairan et al 2014 yang menyatakan bahwa. Menurut Han et al 2008 kecepatan arus di permukaan lebih. menjelasakan bahwa arus selalu besar dibandingkan dengan kecepatan. berhubungan dengan kedalaman arus pada lapisan tengah maupun. dimana pada kedalaman yang lebih dasar Hal ini di sebabkan pada lapisan. dalam gerakan air mejadi lambat permukaan bertambahnya pengaruh. Hasil pengolahan data profil vertikal energi angin yang membangkitkan arus. kecepatan arus menggunakan software permukaan sedangkan sebaliknya. Matlab R2009a menunjukan perbedaan semakin bertambahnya kedalaman. yang signifikan antara layer 1 4 pada maka kecepatan arusnya semakin. tahun 2015 Berikut ini adalah Gambar 4 berkurang adanya gesekan ditiap. tentang profil vertikal kecepatan arus lapisan kedalaman serta adanya. 2015 gesekan didasar perairan turut,mengurangi laju kecepatan arus seiring. bertambahnya kedalaman Menurut,Hutabarat and Evans 1985. menjelaskan bahwa kecepatan arus,akan berkurang sesuai dengan makin. bertambahnya kedalaman perairan dan,akhirnya angin menjadi tak berpengaruh. sama sekali terhadap kecepatan arus, Gambar 4 Profil Vertikal Kecepatan Hal ini juga sesuai dengan pendapat.
Safwan 2006 dalam Tarhadi et al,Hasil grafik profil kecepatan arus. 2014 menjelaskan bahwa arus yang,pada Juli 2015 tersebut dapat di. mengalir di atas dasar laut akan,jelaskan bahwa dari layer 1 4 terjadi. mengalami pengaruh gesekan dasar,penurunan kecepatan arus yang. seperti halnya lapisan permukaan laut,lumayan signifikan hal ini dipengaruhi.
dimana lapisan spiral ekman terbentuk,oleh adanya hembusan angin di. oleh pengaruh gesekan angin,permukaan yang lebih tinggi dimana. angin yang masuk kedalam perairan,seiring bertambahnya kedalaman. kecepatannya semakin menurun Hal,sesuai dengan hasil penelitian Tarhadi. Gambar 5 Overlay Kecepatan Arus 2011 dan 2015,kecepatan arus pada kolom dasar.
Hasil grafik kecepatan arus di tahun perairan karena memiliki kecepatan. 2011 lebih tinggi dari pada tahun 2015 terendah Hal ini sesuai dengan. hal ini diduga karena faktor kecepatan pernyataan Tarhadi et al 2014 yang. angin yang berbeda antara tahun 2011 menjelaskan bahwa pembagian arus. dan 2015 Hal ini sesuai dengan alasan secara vertikal berdasarkan. tersebut yang memang kecepatan angin kecepatannya di bedakan menjadi 3. di tahun 2011 lebih tinggi dari pada kolom perairan yakni permukaan. tahun 2015 Kecepatan angin tahun perairan bagian tengah perairan dan. 2011 5 38 m s dan tahun 2015 4 54 m s dasar perairan. Hasil grafik layer 1 4 tersebut juga 3 3 Variasi Kecepatan Arus Vertikal. bisa klasifikasikan kecepatan arus Berikut ini adalah Tabel 1 dan 2. berdasarkan kedalaman kolom perairan mengenai kecepatan arus minimum. yakni untuk layer 1 kedalaman 0 2 9m maksimum rata rata pada setiap layer. merupakan kecepatan arus pada kolom di tahun 2011 dan 2015. air permukaan karena memiliki Tabel 1 Variasi Kecepatan Arus Tahun. kecepatan tertinggi Layer 2 kedalaman, 3 5 9m merupakan kecepatan arus Layer Kec Min Kec Max Kec Rata. pada kolom air tengah karena memiliki m s m s rata m s. kecepatan sedang Sedangkan untuk 1 0 23 0 76 0 46,2 0 10 0 44 0 25. layer 3 kedalaman 6 8 9m dan layer 4,3 0 02 0 21 0 11. kedalaman 9 12m merupakan 4 0 02 0 20 0 09, Tabel 2 Variasi Kecepatan Arus Tahun bahwa berdasarkan kecepatan arusnya. maka perairan dapat dikelompokkan, Layer Kec Min Kec Max Kec Rata menjadi berarus sangat cepat 1 m s.
m s m s rata m s cepat 0 51 1 m s sedang 0 251,1 0 21 0 66 0 44 0 5 m s lambat 0 11 0 25 m s dan. 2 0 10 0 39 0 24,sangat lambat 0 1 m s,3 0 03 0 19 0 09. 4 0 01 0 19 0 08 3 4 Pola Arah Arus Vertikal,Hasil pengolahan pola arus yang di. Hasil variasi kecepatan arus,olah menggunakan software WRPLOT. berdasarkan layer kedalaman di,di dapatkan hasil sebagai berikut ini.
dapatkan bahwa pada tahun 2011 untuk,adalah Tabel 3 tentang pola arah secera. layer 1 tipe kecepatan arusnya,vertikal berdasarkan layer kedalaman. merupakan perairan arus cepat,pada tahun 2011 dan 2015. Sedangkan layer 2 tipe kecepatan, arusnya merupakan perairan arus Tabel 3 Pola Arah Arus. sedang Untuk layer 3 tipe kecepatan Layer Tahun 2011 Tahun 2015. arusnya merupakan perairan arus 1,lambat Dan untuk layer 4 tipe.
kecepatan arusnya merupakan perairan,arus lambat,Hasil variasi kecepatan arus. berdasarkan layer kedalaman di,dapatkan bahwa pada tahun 2015 untuk. layer 1 tipe kecepatan arusnya 3,merupakan perairan arus cepat. Sedangkan layer 2 tipe kecepatan,arusnya merupakan perairan arus 4. sedang Untuk layer 3 tipe kecepatan,arusnya merupakan perairan arus.
lambat Dan untuk layer 4 tipe,kecepatan arusnya merupakan perairan. Hasil tahun 2011 pola arah arus,arus lambat,secara vertikal di layer 1 3 arah. Hal ini sesuai dengan pendapat,arusnya semakin bervariasi seiring. Rukminasari 2011 yang menjelaskan,bertambahnya kedalaman akan tetapi. arah dominannya bergerak menuju bagaimana kecepatan arus saat pasang. barat laut Sedangkan untuk layer 4 arah dan surut pada tiap layernya. arus berbeda dengan layer atas yakni,Overlay Kecepatan Arus Layer.
bergerak antara timur laut dan barat 1 Tahun 2011 dengan. daya hal ini diduga karena faktor Ketinggian Pasang Surut. gesekan dasar perairan atau friksi dan 0 60,pengaruh pergerakan angin yang 0 40. semakin rendah saat mencapai dasar 0 20 100,perairan hal serupa juga terjadi pada 0 00 200. pola arus secara vertikal pada data arus, tahun 2015 yang tidak jauh berbeda Kecepatan Arus m s. pergerakan pola arah arusnya Menurut Ketinggian Pasang Surut cm. Stewart 2006 dalam Tarhadi et al, 2014 menjelaskan bahwa pergerakan Overlay Kecepatan Arus Layer. 2 Tahun 2011 dengan, arah arus laut tidak sepenuhnya Ketinggian Pasang Surut.
dipengaruhi oleh kondisi angin Karena 0 70 200,arus yang disebabkan oleh angin akan 0 50 100. bergerak tidak searah dengan 0,pergerakan angin namun akan 0 10. dibelokkan sekitar 45 Belahan bumi,utara pembelokan arahnya terjadi ke. Kecepatan Arus m s, sebelah kanan sedangkan untuk Ketinggian Pasang Surut cm. belahan bumi selatan akan berbelok ke, arah kiri Hal ini juga sesuai dengan Overlay Kecepatan Arus.
pernyataan Hutabarat and Evans 1985 Layer 3 Tahun 2011 dengan. Ketinggian Pasang Surut,bahwa perubahan arah arus yang. kompleks susunannya terjadi sesuai 0 60,dengan makin bertambahnya 0 40. kedalaman suatu perairan 0 20 100,3 5 Tren Arus dengan Pasang Surut 0 00 200. Hasil pengolahan mengenai tren, kecepatan arus berdasarkan layer Kecepatan Arus m s. Ketinggian Pasang Surut cm,kedalaman terhadap proses pasang.
surut ini yakni ingin mengetahui, Overlay Kecepatan Arus Layer Overlay Kecepatan Arus Layer. 4 Tahun 2011 dengan 2 Tahun 2015 dengan,Ketinggian Pasang Surut Ketinggian Pasang Surut. 0 70 200 0 70 200,0 50 100 0 50 100,0 20 100 0 20 100. 0 00 301 200 0 00 200,Kecepatan Arus m s Kecepatan Arus m s. Ketinggian Pasang Surut cm Ketinggian Pasang Surut cm. Overlay Kecepatan Arus Layer Overlay Kecepatan Arus Layer. 4 Tahun 2011 dengan 3 Tahun 2015 dengan,Ketinggian Pasang Surut Ketinggian Pasang Surut.
0 70 200 0 70 200,0 50 100 0 50 100,0 20 100 0 20 100. 0 00 200 0 00 200,Kecepatan Arus m s 321 Kecepatan Arus m s. Ketinggian Pasang Surut cm Ketinggian Pasang Surut cm. Overlay Kecepatan Arus Layer Overlay Kecepatan Arus Layer. 1 Tahun 2015 dengan 4 Tahun 2015 dengan,Ketinggian Pasang Surut Ketinggian Pasang Surut. 0 70 200 0 70 200,0 50 100 0 50 100,0 20 100 0 20 100. 0 00 200 0 00 200,Kecepatan Arus m s Kecepatan Arus m s.
Ketinggian Pasang Surut cm Ketinggian Pasang Surut cm. Hasil overlay ke 4 layer tahun 2011 Tahun 2011,dan 2015 pada gambar dibawah ini. tersebut dapat disimpulkan bahwa tren,kecepatan arus tertinggi dominan. berada pada saat terjadinya pasang,baik menuju pasang ataupun saat. pasang tertinggi dan juga pengaruh,Hasil grafik arus total dan arus. kedangkalan perairan untuk layer 1 dan,pasang surut hampir sama sehingga.
2 sedangkan untuk layer 3 dan 4,kecepatan arus di layer 1 dominan di. dengan tren yang sebaliknya hal ini,pengaruhi oleh pasang surut. disebabkan karena pada saat surut,Presentase arus pasang surut sebesar. maupun menuju surut kecepatan arus,76 67 sedangkan untuk arus residu. dominan tertinggi saat berada di,perairan dasar Menurut Tarhadi et al.
2014 menjelaskan bahwa kecepatan,arus akan lebih tinggi pada saat pasang. terutama untuk perairan dangkal,karena pergerakan menuju ke arah laut. untuk zona arus perairan permukaan,dan tengah sedangkan untuk zona arus. Hasil grafik grafik arus total dan arus,dasar perairan berbanding terbalik. pasang surut hampir sama sehingga,3 6 Pemisahan Arus.
kecepatan arus di layer 2 dominan di,Hasil pemisahan arus bertujuan untuk. pengaruhi oleh pasang surut,mengetahui apakah arusnya dominan. Presentase arus pasang surut sebesar,dipengaruhi oleh pasang surut atau arus. 72 41 sedangkan untuk arus residu,residu Berikut ini adalah hasil overlay. antara arus total arus pasang surut dan,arus residu.
Hasil grafik arus total dan arus,pasang surut hampir sama sehingga. kecepatan arus di layer 3 dominan di,pengaruhi oleh pasang surut meskipun. nilai arus residu juga mendekati arus,total Presentase arus pasang surut. sebesar 69 23 sedangkan untuk arus,residu 30 77 Hasil grafik arus total dan arus. pasang surut hampir sama sehingga,kecepatan arus di layer 2 dominan di.
pengaruhi oleh pasang surut,Presentase arus pasang surut sebesar. 79 17 sedangkan untuk arus residu,Hasil grafik justru arus total dan 20 83. residu hampir sama sehingga,kecepatan arus di layer 4 dominan di. pengaruhi oleh arus residu meskipun,nilai arus pasut hampir mendekati arus. total Presentase arus pasang surut, sebesar 30 sedangkan untuk arus Hasil grafik arus total dan arus.
residu 70 pasang surut hampir sama sehingga,Tahun 2015 kecepatan arus di layer 3 dominan di. pengaruhi oleh pasang surut meskipun,nilai arus residu juga hampir mendekati. arus total Presentase arus pasang surut,sebesar 70 sedangkan untuk arus. hasil grafik arus total dan arus,pasang surut hampir sama sehingga. kecepatan arus di layer 1 dominan di,pengaruhi oleh pasang surut.
Presentase arus pasang surut sebesar,77 19 sedangkan untuk arus residu. 22 81 Hasil grafik arus total dan residu,hampir sama sehingga kecepatan arus. di layer 4 dominan di pengaruhi oleh 4 PENUTUP, arus residu meskipun nilai arus pasut 4 1 Kesimpulan. juga hampir mendekati arus total Kesimpulan dari penelitian tentang. Presentase arus pasang surut sebesar Analisis Pola Sirkulasi Arus Horizontal. 33 33 sedangkan untuk arus residu Dan Vertikal Di Perairan Muncar. 63 67 Banyuwangi Pada Musim Timur, Hasil grafik keseluruhan pada setiap sebagai berikut. layer dari tahun 2011 dan 2015 dapat 1 Pola sirkulasi arus permukaan di. disimpulkan bahwa layer 1 dan 2 Perairan Muncar Banyuwangi Pada. memilik presentase yang lebih tinggi Musim Timur memiliki kecepatan. Hal ini disebabkan karena pada arus berkisar antara 0 24 0 66 m s. kedalaman hingga 6 meter pasang surut Sedangkan arah arus dominan. masih lebih dominan berpengaruh dari bergerak dari tenggara menuju ke. pada faktor lainnya Akan tetapi pada barat laut, layer 3 yang merupakan layer adaptasi 2 Pola sirkulasi arus secara vertikal.
dari dominannya pengaruh arus pasang menjelaskan bahwa kecepatan arus. surut dan arus residu Layer 4 yang dari permukaan hingga menuju dasar. merupakan layer paling dasar dominan perairan mengalami penurunan. dipengaruhi oleh arus residu Menurut kecepatan arus yakni berkisar antara. Thurmann 2007 menjelaskan bahwa 0 01 0 76 m s Sedangkan arah. jika pola arus di suatu perairan arus dari layer 1 hingga 3 memiliki. menunjukkan pola yang fluktuatif arah arus yang sama yakni dominan. mengikuti pola arus pasang surut maka bergerak dari tenggara menuju ke. dapat dikatan bahwa arus pasang surut barat laut Akan tetapi pada layer. merupakan arus yang dominan di paling dasar arah arusnya bergerak. perairan tersebut Menurut Triadmodjo antara timur laut dan barat daya Dari. 1999 dalam Rampengan 2009 hasil pemisahan arus dapat di jelakan. mengatakan bahwa di perairan sempit bahwa arusnya dominan di pengaruhi. dan semi tertutup seperti selat dan teluk oleh arus pasang surut dari layer 1. pasut merupakan penggerak utama 3 dan pada layer 4 dominan di. sirkulasi massa airnya Akan tetapi pengaruhi oleh arus residu. semakin bertambahnya kedalaman 4 2 Saran, hingga dasar perairan pengaruh pasang Adapun saran yang dapat penulis. surut semakin berkurang berikan dari penelitian ini pada pembaca.


Related Books

BRAND X-30 - HCG Platinum

BRAND X 30 HCG Platinum

2 HCG Platinum X-30 Plus is a dietary supplement intended to be added to your weight management plan. It should be used in conjunction with a sensible diet and exercise.

II. TINJAUAN PUSTAKA A. Asas-Asas Peraturan Perundang-Undangan

II TINJAUAN PUSTAKA A Asas Asas Peraturan Perundang Undangan

22 materi muatan Peraturan Perundang-undangan yang dibuat di daerah merupakan bagian dari sistem hukum nasional yang berdasrkan Pancasila.

KETAATAN TERHADAP PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

KETAATAN TERHADAP PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN

PERUNDANG-UNDANGAN Sebelum mempelajari materi ketaatan terhadap peraturan ... . adanya kesesuaian antara jenis dan materi muatan peraturan perundang-undangan, 3) ...

Provider Referral Directory - Phoenix Children's Hospital

Provider Referral Directory Phoenix Children s Hospital

Angela Valdez-Huizar, MD Lara Yoblonski, MD CARDIOLOGY P: (602) 933-3366 F: (602) 933-4166 Joseph Graziano, MD* Craig Cohen, MD Mitchell Cohen, MD Colin Conner, PNP Damon Dixon, MD Erik Ellsworth, MD Byron Garn, MD Lourdes Guerrero-Tiro, MD Courtney Howell, PNP Roy Jedeikin, MD Jodi Kiernan, PNP Christopher Lindblade, MD Ericka McLaughlin, DO Tabitha Moe, MD Todd Nowlen, MD Andrew Papez, MD ...

UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan ...

UU No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan

- 6 - - 6 - Pasal 6 (1) Materi muatan Peraturan Perundang-undangan harus mencerminkan asas: a. pengayoman; b. kemanusiaan; c. kebangsaan; d. kekeluargaan;

TEKNIK PENYUSUNAN NASKAH AKADEMIK RANCANGAN PERATURAN DAERAH

TEKNIK PENYUSUNAN NASKAH AKADEMIK RANCANGAN PERATURAN DAERAH

Bab V Jangkauan, Arah Pengaturan, Dan Ruang Lingkup Materi Muatan Peraturan Daerah i. ... Perundang-undangan, putusan pengadilan, perjanjian, kontrak, atau

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 2004 ...

UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 2004

(12) Materi Muatan Peraturan Perundang-undangan adalah materi yang dimuat dalam Peraturan Perundang-undangan sesuai dengan jenis, fungsi, dan hierarki Peraturan

FINDING FAIR VALUE - KPMG | US

FINDING FAIR VALUE KPMG US

and does not necessarily represent the views or professional advice of KPMG LLP. Finding Fair Value: ... fits-all approach to fair ... expert is no substitute for finding

SUN2000-45KTL-US-HV-D0 Quick Guide - huawei

SUN2000 45KTL US HV D0 Quick Guide huawei

7 4 General Operation 4.1 Crimping an OT Terminal Core wire Insulation layer Heat shrink tubing Hydraulic pliers Heat gun Pay attention not to damage the core wire when stripping a cable. The cavity formed after the conductor crimp strip of the OT terminal is crimped must wrap the core wires completely. The core wires must contact the OT terminal closely.

DRH Hardware Maintenance Guide

DRH Hardware Maintenance Guide

DRH Hardware Maintenance Guide Issue 1.0 Date 2013-04-10 HUAWEI TECHNOLOGIES CO., LTD.