Akulturasi Budaya Jawa Dengan Islam Wayang Semar Dalam -Books Download

AKULTURASI BUDAYA JAWA DENGAN ISLAM Wayang Semar Dalam
25 Feb 2020 | 21 views | 0 downloads | 48 Pages | 984.89 KB

Share Pdf : Akulturasi Budaya Jawa Dengan Islam Wayang Semar Dalam

Download and Preview : Akulturasi Budaya Jawa Dengan Islam Wayang Semar Dalam


Report CopyRight/DMCA Form For : Akulturasi Budaya Jawa Dengan Islam Wayang Semar Dalam



Transcription

AKULTURASI BUDAYA JAWA DENGAN ISLAM, Wayang Semar Dalam Pandangan Tokoh Budayawan Banyumas. Achmad Rifqi Al Azmi,NIM 1223102001, Pandangan orang jawa kebudayaannya tidak merupakan suatu kesatuan yang. homogen Peradaban ini mempunyai suatu sejarah memiliki kesenian yang maju. berupa seni tari tarian dan seni suara yang ditandai oleh suatu kehidupan keagamaan. antara lain agama Hindu Buddha dan Islam Dalam sejarah penyebaran agama. Islam di Pulau Jawa terdapat da i sebagai penyebar agama Islam yang dikenal. dengan Walisongo Proses Islamisasi di Pulau Jawa berada dalam kerangka proses. akulturasi budaya Lebih tepatnya pengislaman kultur atau mengkulturkan Islam. dilakukan dengan media kesenian wayang yang dimodifikasi dan disesuaikan oleh. para wali dengan konteks dakwah Salah satu tokoh wayang yang terkenal adalah. Semar yang merupakan ciptaan pujangga lokal nusantara Semar bertindak sebagai. pengasuh golongan kesatria Semar juga memiliki bentuk fisik yang sangat unik. Penelitian ini membahas mengenai akulturasi budaya Jawa dengan Islam. pada kesenian wayang kulit serta pandangan tokoh budayawan mengenai wayang. Semar Wayang zaman Walisongo sampai sekarang merupakan penggambaran. akulturasi budaya yang mengakomodasi budaya dan nilai nilai keislaman sebagai. karya seni hiburan dan media dakwah Wayang Semar berperan sebagai penasehat. penghibur teman bahkan seperti ulama Semar membuktikan dirinya bahwa. keluhuran budi dan kepribadian agung akan mengantarkan umat manusia kepada. derajat hidup yang tinggi Semar juga digambarkan sebagai sosok manusia yang. bijaksana dan kaya akan ilmu pengetahuan, Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan teknik. pengumpulan data yaitu observasi dokumentasi dan wawancara Pendekatan. Antropologi Budaya digunakan sebagai landasan teori untuk menganalisis secara. kualitatif atau Analisis Kualitatif Deskriptif dalam penelitian ini Berdasarkan. metode kerangka analisis tersebut hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Semar. mempunyai peran yang dinamis Menunjukan peran Semar yang dapat berperan. sebagai ulama abdi rakyat maupun penguasa pemerintahan Semar juga. menggambarkan perilaku keutamaan hidup untuk manusia khususnya orang Jawa. Kata kunci Akulturasi Budaya Antropologi Budaya Semar Wayang. AKULTURASI BUDAYA JAWA DENGAN ISLAM, Wayang Semar Dalam Pandangan Tokoh Budayawan Banyumas. Achmad Rifqi Al Azmi,NIM 1223102001, According to Javanese view culture is not a homogeneous unity This.
civilization has a history of advanced art in the form of dance and sound art which is. characterized by a religious life such as Hinduism Buddhism and Islam In the. history of the spread of Islam in Java there is da i as the spreader of Islam known as. Walisongo The Islamization Process in Java Island is within the framework of the. process of cultural acculturation More precisely Islamization culture or Culturing of. Islam is done with the medium of shadow puppet art that is modified and adjusted by. the guardian with the context of da wah One of the most famous shadow puppet. figures is Semar who is the creation of a local poet of the archipelago Semar acts as. a noble knight Semar also has a very unique physical form. This study discusses the acculturation of Javanese culture with Islam on the. shadow puppet art and cultural figures view of the shadow puppet Semar The. shadow puppet in the Walisongo era until now is a depiction of cultural acculturation. that accommodates Islamic culture and values as works of art entertainment and. media of da wah The shadow puppet of Semar acts as an advisor entertainer friend. even like a cleric Semar proves himself that great nobility and great personality will. bring mankind to a high degree of life Semar is also described as a wise and. knowledgeable man, This type of research includes qualitative research which uses data collection. techniques such as observation documentation and interviews Cultural. Anthropology Approach is used as a theoretical basis for qualitative analysis or. Descriptive Qualitative Analysis in this study Based on the method of analysis. framework the results of this study conclude that Semar has a dynamic role Semar. can act as a cleric a servant a people as well as a ruler of government Semar also. describes the behavior of the primacy of life for humans especially the Javanese. Keywords Cultural Acculturation Cultural Anthropology Semar Shadow. Suradira jayaningrat lebur dening pangastuti, Segala sifat picik dan keras hati hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak lembut. hati dan sabar Falsafah Jawa,PERSEMBAHAN, Seraya bersyukur ke hadirat Allah SWT karya tulis skripsi ini penulis. persembahkan untuk, Kedua orang tua saya Sudarmadi dan Istiqomah Serta kedua adik saya Achmad. Qisti Nur Ashari dan Nur Baiti Kautsari Merekalah yang sudah banyak memberikan. pendidikan motivasi kasih sayang dan bimbingan hingga penulis bisa banyak. belajar darinya Skripsi ini juga penulis persembahkan untuk sahabat terbaik penulis. Ida Fitriani terima kasih banyak untuk semua motivasi dan dukungannya. Komunitas Gusdurian Banyumas Komunitas Guyub Rukun Purwokerto Rekan dan. Rekanita Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri. Nahdlatul Ulama Masa Khidmat 2015 2017 Kepada para narasumber yang. membantu dalam penelitian ini Ki Muharto Ki Dalang Julung Gandik Ediasmoro. Bapak Budi Somaputra Bapak Chumedi Yusuf Bapak Mudibyo WHS Bapak. Suwarso Gus Mohammad Luqman dan Saudara Sugeng Piranto. KATA PENGANTAR, Puja dan puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena.
dengan izin Nya penulis bisa menyelesaikan skripsi ini dengan lancar Sholawat serta. salam tak lupa penulis haturkan kepada Nabi Muhamad SAW. Skripsi dengan judul Akulturasi Budaya Jawa Dengan Islam Wayang. Semar Dalam Pandangan Tokoh Budayawan Banyumas merupakan sebuah karya. ilmiah yang penulis buat dari berbagai sumber serta dengan dukungan dari banyak. pihak Oleh karena itu ucapan terimakasih yang sebesar besarnya penulis haturkan. 1 Dr H A Luthfi Hamidi M Ag selaku rektor IAIN Purwokerto. 2 Drs Zaenal Abidin M Pd Dekan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. 3 Muridan M Ag Kajur Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Purwokerto. Terimakasih atas motivasinya dalam proses penulis menimba ilmu. 4 Dra Amirotun Sholikhah M Si selaku pembimbing Terimakasih atas ilmu. waktu serta bimbingan yang diberikan dalam penyusunan skripsi ini. 5 Seluruh dosen serta karyawan IAIN Purwokerto yang sudah memberi. kemudahan penulis dalam menuntut ilmu di IAIN Purwokerto. 6 Seluruh Civitas Akademika IAIN Purwokerto khususnya Fakultas Dakwah dan. Komunikasi yang sudah memberi kemudahan penulis dalam menuntut ilmu. 7 IMMawan dan IMMawati Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah IMM Komisariat. Ahmad Dahlan IAIN Purwokerto Serta Sahabat dan Sahabati Pergrakan. Mahasiswa Islam Indonesia PMII Komisariat Walisongo IAIN Purwokerto. Terima kasih banyak atas segala waktu pengalaman suka dan duka serta semua. ilmu yang sudah teman teman berikan, 8 Komunitas Stand Up Comedy Purwokerto Komunitas Soegino Siswo Carito. Komunitas Jedher Mania dan Sedulur Soegino Laras Terimakasih banyak atas. segala waktu pengalaman suka dan duka serta semua ilmu yang sudah teman. teman berikan, 9 Teman teman KPI angkatan 2012 Terima kasih atas segala motivasi dan. pengalamannya di dalam penulis berdikari menuntut ilmu di IAIN Purwokerto. 10 Terima kasih penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu secara. moril maupun materiil semoga mendapat imbalan yang lebih baik dari Allah. Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih memiliki banyak kekurangan. Untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun Harapan. penulis semoga skripsi ini dapat memberi pengetahuan bagi pembaca dan dijadikan. bahan rujuan pada penelitian penelitian lainnya Kritik dan saran selalu penulis. nantikan agar pada penulisan karya karya ilmiah selanjutnya penulis bisa. membuatnya dengan lebih baik,Purwokerto Selasa 9 Mei 2017. Achmad Rifqi Al Azmi,NIM 1223102001,DAFTAR ISI,HALAMAN JUDUL i. HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN ii,HALAMAN PENGESAHAN iii.
HALAMAN NOTA DINAS PEMBIMBING iv,HALAMAN MOTTO vii. HALAMAN PERSEMBAHAN viii,KATA PENGANTAR ix,DAFTAR ISI xi. DAFTAR GAMBAR xiv,DAFTAR TABEL xv,DAFTAR BAGAN xvi. DAFTAR LAMPIRAN xvii,BAB I PENDAHULUAN 1,A Latar Belakang Masalah 1. B Definisi Operasional 6,C Rumusan Masalah 10,D Tujuan dan Manfaat Penelitian 10.
E Kajian Pustaka 11,F Metodologi Penelitian 17,G Sistematika Pembahasan 26. BAB II LANDASAN TEORI 28,A Pengkajian Kebudayaan 28. 1 Definisi Kebudayaan 28,2 Perwujudan Kebudayaan 34. 3 Faktor Kebudayaan 43,4 Ruang Lingkup Kebudayaan 56. 5 Unsur unsur Kebudayaan 62,6 Relevansi Kebudayaan 68.
B Kebudayaan Jawa 81,1 Budaya Jawa Tengah 81,2 Sistem Sosial Orang Jawa 83. 3 Seni Budaya Orang Jawa 86,C Pembahasan Akulturasi 88. 1 Penjelasan Akulturasi 88,2 Pandangan Akulturasi 90. 3 Akulturasi Budaya Jawa 93,BAB III METODOLOGI PENELITIAN 115. A Jenis Penelitian 115,B Lokasi dan Waktu Penelitian 118.
C Subjek dan Objek Penelitian 118,D Sumber Data 119. E Teknik Pengumpulan Data 119,F Teknik Analisis Data 124. BAB IV GAMBARAN UMUM PEMBAHASAN DAN ANALISIS 129,A Gambaran Umum 129. 1 Sejarah Singkat Wayang Kulit di Jawa Tengah 129,2 Bunga Rampai Wayang Kulit 142. 3 Wayang Kulit Media Dakwah Islam 165, 4 Nilai nilai Keislaman dalam Pagelaran Wayang 173.
B Pembahasan 179,1 Asal usul wayang Semar 179,2 Semar dalam Pagelaran Wayang Kulit 192. 3 Pengejawantahan Semar dalam Pewayangan 242,C Analisis 251. 1 Analisis Kajian Kebudayaan 251,2 Analisis Kajian Akulturasi Budaya 255. 3 Analisis Pandangan Tokoh Budayawan Banyumas 260, 4 Analisis Wayang Semar dalam Kajian Akulturasi Budaya 268. BAB V PENUTUP 269,A Kesimpulan 269,B Saran saran 271.
C Kata Penutup 272,DAFTAR PUSTAKA,DAFTAR LAMPIRAN LAMPIRAN. DAFTAR RIWAYAT HIDUP,DAFTAR GAMBAR, Gambar 4 1 Adegan Pernyaen setelah Bedol Kayon sebelum Jejer 141. Gambar 4 2 Dalang Gragag Banyumasan Ki Yakut dan Ki Gandik 141. Gambar 4 3 Gambar Wayang Semar 183, Gambar 4 4 Gareng Bawor dan Petruk dalam adegan gara gara 190. Gambar 4 5 Tokoh Wayang Kulit Semar 243, Gambar 4 6 Semar dalam kaligrafi Jawa versi falsafah umum 246. Gambar 4 7 Semar dalam kaligrafi Jawa versi falsafah aliran kepercayaan 247. Gambar 4 8 Semar dalam kaligrafi Islami 249,DAFTAR TABEL.
Tabel 2 1 Analisa Koentjaraningrat mengenai kerangka Kluckhon 39. Tabel 4 1 Kategorisasi Tokoh Wayang Kulit 145, Tabel 4 2 Kategorisasi lakon carangan berdasarkan data lapangan 163. Tabel 4 3 Petuah Semar dalam pagelaran wayang kulit 195. Tabel 4 4 Nasihat Semar dalam cerita wayang kulit 201. Tabel 4 5 Peran Semar dalam cerita wayang kulit 207.


Related Books

ATHLETIC TRAINING POLICIES AND PROCEDURES

ATHLETIC TRAINING POLICIES AND PROCEDURES

Athletic Training Students are not permitted to be using or checking their cell phones/texting during their clinical rotations. 15. No hats are permitted in the athletic training facility. 16. No food or drink is permitted in the athletic training facility. Student Athlete . 1. The athletic training room is a medical facility and should be ...

WHAT IS THIS EBOOK? - Amazon S3

WHAT IS THIS EBOOK Amazon S3

clear in our own minds about which publishers we wanted ... those that share our values. ... available to our current and future customers.

Probability and Statistics Explorations with MAPLE

Probability and Statistics Explorations with MAPLE

iii Probability and Statistics Explorations with MAPLE Second Edition Zaven A. Karian Elliot A. Tanis PEARSON PRENTICE HALL, Upper Saddle River, New Jersey 07458

The Sea Fish Industry Authority ARA 2015/16

The Sea Fish Industry Authority ARA 2015 16

Annual Report and Accounts 2013/201444 HC7707 SG/2014/242 12/10/2015 14:23 The Sea Fish Industry Authority. Accounts 2015/2016. HC 707 . SG/2016/160

LETTER OF ACCEPTANCE TO ABIDE BY UNIVERSITY RULES AND ...

LETTER OF ACCEPTANCE TO ABIDE BY UNIVERSITY RULES AND

LETTER OF ACCEPTANCE TO ABIDE BY UNIVERSITY RULES AND REGULATIONS (To be completed in duplicate by those accepting the offer. Please return one copy and retain the second one). Regulations Governing the conduct and discipline of the Students of the University prepared in accordance with the (Pwani University Statutes 2012) are reproduced here ...

DYNASTY - DC Battery

DYNASTY DC Battery

Dynasty has upgraded their UPS line and replaced all but one of their UPS series batteries with their new High Max Rate Series (MR). The case length and width for ...

Safety Assessment of Helianthus annuus (Sunflower)-Derived ...

Safety Assessment of Helianthus annuus Sunflower Derived

(sunflower)-derived ingredients contain hundreds of constituents, some of which have the potential to cause toxic effects. For example, sesquiterpene lactones may cause allergic reactions and toxicity in sufficient amounts. In this assessment, CIR is reviewing information available to evaluate the potential toxicity of each of the . Helianthus annuus (sunflower)-derived ingredients as a whole ...

UK prospective study of therapies of maturity-onset diabetes

UK prospective study of therapies of maturity onset diabetes

Diabetologia (1983) 24:404-411 Diabetologia 9 Springer-Verlag 1983 Originals UK Prospective Study of Therapies of Maturity-Onset Diabetes

SOLE AND INTERCROPPING SUNFLOWER-MUNGBEAN FOR SPRING ...

SOLE AND INTERCROPPING SUNFLOWER MUNGBEAN FOR SPRING

intercropped on different sowing dates (same sowing date with sunflower, one, two and three weeks delay in sowing from the main sunflower) and rows in combinations (1:1 and 1:2) sunflower-mungbean as intercrop and sole crop of each species for to study yield and yield traits during spring 2011 and 2012 crop growth seasons.

International Glossary of Hydrology; 2012

International Glossary of Hydrology 2012

hydrology. In establishing recognized international equivalents of hydrological terms, our goal is also to minimise misinterpretations and consolidate the foundation for stronger international cooperation. Water is the key ingredient of life, in all its diversity. It is also a fundamental human need and a basic human right. The common ...